Click here to add your own text

Vacancy / Lowongan Kerja

Saat ini sedang terbuka lowongan kerja

LOWONGAN KERJA – INANTA

Lokasi: Palu & Sigi Sulawesi Tengah

Batas Akhir Pendaftaran: 22 Agustus 2022

Inovasi Ketahanan Komunitas (INANTA) adalah  Organisasi nirlaba berbadan hukum nasional, telah bekerja, telah bekerja bersama Masyarakat dan Pemerintah Daerah, mengembangkan program  pemberdayaan masyarakat (Community Development), dan Pengurangan Risiko Bencana (Disaster Risk Reduction) di Sulawesi Tengah. Inovasi Ketahanan Komunitas,  saat ini bekerjasama dengan CWS – Act For Peace (AFP) Melaksanakan Program Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana (DREAM-2) di Wilayah Kab. Sigi-Sulawesi Tengah.

Program DREAM-2 merupakan program yang manergetkan petani atau kelompok tani, kelompok perempuan desa dan kelompok penanggulangan bencana desa untuk mampu beradaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan risiko bencana. Program di laksanakan di 4 desa di Kabupaten Sigi yaitu Desa Rogo dan Bulubete – Kec. Dolo Selatan dan Desa Pakuli Utara dan Simoro – Kec. Gumbasa.

Untuk mendukung implementasi program tersebut, INANTA membutuhkan dukungan staff untuk menempati posisi  sebagai berikut:

  1. PROJECT MANAGER

Job Position: Project Manager INANTA (PM)

Lokasi: Kota Palu & Kab. Sigi – Sulawesi Tengah

Jangka waktu: 12 bulan

Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi program serta operasional berikut ini:

  1. Menyusun, merencanakan dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan Program Adaptasi perubahan iklim dan Pengurangan Risiko Bencana (DREAM-2) di Provinsi Sulawesi Tengah, sesuai dengan rencana kerja serta kerangka kerja logis proyek.
  2. Bertanggung jawab atas penyelesaian proyek tepat pada waktunya sesuai dengan rencana program dan dukungan penganggaran yang sudah ditetapkan.
  3. Bertanggung jawab terhadap program fisik dan non fisik di tingkat lapangan  maupun pengendalian operasional kantor untuk proyek yang dipimpinnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
  4. Melakukan koordinasi internal dan eksternal lembaga untuk kelancaran operasi dan kegiatan proyek
  5. Memberikan arahan dan dukungan kepada tim proyek dan secara terus-menerus memantau dan melaporkan kemajuan proyek kepada manajemen lembaga
  6. Membuat laporan program DREAM-2 yang memuat kemajuan proyek, masalah dan alternatif solusi kepada Direktur Executive serta Pihak donor
  7. Melakukan pemantauan, evaluasi dan penilaian hasil pelaksanaan program dan menyusun rencana pengembangan program sesuai dengan kebutuhan
  8. Bertanggungjawab dan melaporkan pelaksanaan program DREAM-2 kepada Direktur Eksekutif INANTA dan atau  pihak donor
  9. Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh Direktur Eksekutif dan atau pihak donor.

Kualifikasi yang diharapkan:

  • Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Minimum pendidikan S1, diutamakan S2 di semua bidang ilmu.
  • Mempunyai pengalaman kerja minimum 5 tahun dengan lembaga pemerintah/organisasi non- pemerintah (LSM)/organisasi internasional/akademisi/sektor swasta
  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada masyarakat serta memahami aturan/kebijakan pemerintahan khususnya di daerah
  • Cekatan, jujur, dan teliti serta berjiwa kepemimpinan yang tinggi serta mampu bekerja dalam dan dengan tim
  • Kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam perencaaan program pelaksanaan kegiatan proyek dan anggaran, monitoring-evaluasi serta pelaporan.
  • Kemampuan mengelola dan memonitor kegiatan project air bersih dan sanitasi serta pengurangan risiko bencana.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi dengan pemerintah, badan usaha, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, LSM dan para pihak lainnya.
  • Mampu berbahasa Inggris (dasar) dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada segala kalangan (sesama rekan kerja, instansi terkait dan para pihak lainnya)
  • Terampil dalam menggunakan MS Office dan aplikasi pendukung lainnya (GIS, SPSS).

2. Project Officer (1 orang)

Lokasi: Kab Sigi-Sulawesi Tengah

Jangka waktu: 12 bulan

Posisi ini bertujuan untuk mampu melakukan dan menata-laksanakan hal-hal berikut ini:

  1. Memfasilitasi kegiatan program DREAM-2 di tingkat lapangan bersama dengan Field Officer.
  2. Mempersiapkan dan mengorganisasikan para penerima manfaat melalui sosialisasi, kordinasi dan implementasi program kepada komunitas target dan pemangku kepentingan serta menjalankan program sesuai dengan kerangka kerja (logical framework) dan rencana kerja.
  3. Menyusun dan merancang serta mengimplementasikan proyek bantuan pemulihan kemanusiaan bersama dengan pemangku kepentingan serta komunitas.
  4. Membimbing dan membina kelompok sasaran/target penerima secara teratur dan terjadwal dengan mengkondisikan waktu, kesempatan dan waktu secara sistematis dan terencana.
  5. Bekerjasama dengan Field Officer dalam perancangan teknis, pengadaan sarana/prasana program/kegiatan, pendataan administratif program serta tahapan pelaksanaan kegiatan di tingkat masyarakat sesuai tugas pokok dan dan fungsi.
  6. Melakukan kegiatan pendampingan program pengurangan risiko bencana utamanya perencanaan dan implementasi  ketangguhan masyarakat terhadap risiko bencana
  7. Mendukung Konsultan Teknis DRR dalam implementasi  manajemen pengurangan risiko bencana pada tingkat lapangan
  8. Melaporkan kemajuan proyek dan tantangan dilapangan kepada Project Manager serta menawarkan solusi alternatif pemecahannya
  9. Membuat laporan kegiatan Program termasuk administrasi proyek di tingkat lapangan dan perkembangan kelompok sasaran secara berkala kepada Project Manager
  10. Melakukan monitoring dan implementasi secara berkala untuk kegiatan proyek
  11. Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh penyelia atau Project Manager

Kualifikasi yang diharapkan:

  • Pria/Wanita, berusia maximal 40 tahun, Minimum pendidikan S1 pada semua disiplin ilmu, diutamakan pernah menjalankan program pendampingan petani dan pengurangan risiko bencana.
  • Pengalaman di lapangan minimal 3 tahun dalam pengorganisasian masyarakat, utamanya dalam program penanggulangan bencana dan/atau pemberdayaan masyarakat.
  • Mempunyai kapasitas dan kompetensi dalam memfasilitasi komunitas dan pemangku kepentingan di wilayah layanan proyek.
  • Mampu berkomunikasi baik dengan seluruh pihak terkait program bantuan kemanusiaan.
  • Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
  • Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM C
  • Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk tahapan rekrutment

3. Staff Finance & Admin (1 Orang)

Based : Palu-Sigi Sulawesi Tengah

Jangka waktu: 12 bulan.

Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi  program serta operasional  berikut ini:

  1. Melaporkan Pembukuan /membuat Laporan keuangan sesuai dengan kegiatan program dan operasional INANTA-CWS setiap akhir bulan kepada Project Manager dan atau pihak donor.
  2. Melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi umum, yaitu pengarsipan, pencatatan dan dokumentasi data keuangan/administrasi.
  3. Mengelola tata usaha (pengarsipan, surat menyurat, distribusi surat) pada project INANTA-CWS
  4. Mengelola administrasi perkantoran kantor INANTA (Palu), termasuk didalamnya bertanggungjawab terhadap asset dan peralatan kantor termasuk pembayaran rutin yang dibutuhkan untuk program dan operation.
  5. Berkoordinasi dengan bagian program dalam mengelola administrasi keuangan kegiatan pelatihan/seminar/diskusi/meeting yang diadakan INANTA dengan mitra kerja pemerintah, masyarakat dan institusi lainnya.
  6. Berkordinasi dengan Finance/Keuangan Donor terkait pelaporan keuangan.
  7. Bertanggungjawab dalam kegiatan administrasi keuangan di lapangan
  8. Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh Project Manager

Kualifikasi yang diharapkan:

  • Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Pria/Wanita, Minimum pendidikan S1/D3 Jurusan  Akuntansi dari perguruan tinggi terakreditasi;
  • Memahami sistim pelaporan dan administrasi keuangan;
  • Mampu bekerjasama dalam tim dan berpenampilan menarik;
  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli serta memahami aturan/kebijakan Pemerintahan diantaranya Peraturan dan Regulasi Pusat/Daerah;
  • fresh graduate dan atau pengalaman minimum 1 tahun di bidang Response Darurat dan atau program Community Development atau program lainnya yang relevan,
  • Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
  • Bersedia untuk bertugas kurang lebih 60% di kantor dan 40 % di lapangan- sesuai dengan kebutuhan tugas keuangan
  • Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM A/C.

4. Field Officer (2 orang)
Based : Sigi – Sulawesi Tengah
Jangka waktu: 12 bulan.

Akhir pendaftaran: 25 Februari 2022

Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi program serta operasional berikut ini:
1. Memfasilitasi kegiatan program adaptasi perubahan iklim dan Pengurangan Risiko Bencana (DREAM-2) di tingkat lapangan di wilayah Kab. Sigi

2. Mempersiapkan dan mengorganisasikan para target program melalui sosialisasi, kordinasi dan implementasi program kepada komunitas target dan pemangku kepentingan serta menjalankan
program sesuai dengan rencana detail impelementasi (DIP)

3. Bekerjasama dengan Program Manager, Program Officer dan Staff Keuangan dalam perencanaan teknis kegiatan, pengadaan sarana/prasana dukungan program Pulih Bersama, dari fase pendataan administratif program hingga tahapan pelaksanaan serta evaluasi kegiatan di tingkat masyarakat.

4. Membimbing dan membina serta memfasilitasi training/pendampingan kelompok sasaran

6. Melaporkan kemajuan proyek dan tantangan dilapangan kepada Project Officer serta menawarkan solusi alternatif pemecahannya.

7. Membuat laporan kegiatan Program termasuk administrasi proyek di tingkat lapangan dan perkembangan kelompok sasaran secara berkala kepada Project Officer dan atau Project Manager

8. Melakukan monitoring dan berkordinsi dengan MEAL secara berkala untuk capaian dan tantangan kegiatan proyek

9. Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh penyelia atau Project Officer dan atau Project Manager.

Kualifikasi yang diharapkan:
1. Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Pria/Wanita, Maximum Umur 30 thn, Minimum pendidikan S1  di bidang Pertanian (diutamakan) dan bidang lainnya
3. Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada masyarakat serta memahami aturan/kebijakan pemerintahan khususnya di daerah.
4. Pengalaman minimum 2 tahun di bidang Response Darurat dan atau program Community Development (pengembangan masyarakat)
5. Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
6. Bersedia untuk bertugas kurang lebih 90% di lapangan dan 10 % di Kantor
7. Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM A/C.

Berkas Surat lamaran beserta CV dikirim ke e-mail  selambat-lambatnya tanggal  22 Agustus  2022, pukul 16.30 WITA

emailyayasaninanta@gmail.com  cc inantasulteng@gmail.com

Subject /Judul :  posisi lamaran_nama kandidat

Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk tahapan rekrutment.